Rabu, 07 Maret 2012

PROPOSAL SKRIPSI TI


PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PENGOLAHAN DATA PESERTA PT JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG CILINCING
(PROPOSAL SKRIPSI)


Diajukan oleh :
MUHAMMAD NURCHOLIS
NIM : 216117018

Kepada
JURUSAN TEKHNIK INFORMATIKA
STMIK STIE MH.THAMRIN




LEMBAR PERSETUJUAN

Proposal skripsi dengan judul

PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PENGOLAHAN DATA PESERTA PT JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG CILINCING
 
 
 
yang diajukan oleh
MUHAMMAD NURCHOLIS
NIM : 216117018

Telah disetujui oleh Jurusan Tekhnik Informatika STMIK STIE MH.THAMRIN dengan dosen pembimbing:
1.    Bp. Yasin Efendi,S. Kom.,M. Kom
2.    Bp. Drs. Ilik Bunadi, MM
PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PENGOLAHAN DATA PESERTA PT JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG CILINCING

1.    LATAR BELAKANG

Dalam dunia yang semakin maju dan modern, segala aspek kehidupan ikut maju pesat sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Efek dari kemajuan tersebut kini semakin mudah dirasakan dan dinikmati oleh hampir semua lapisan manusia dibelahan dunia, termasuk terciptanya daya pikir yang maju dan gaya hidup modern.

            Hal tersebut tidak terlepas dari ilmu pengetahuan dan penemuan teknologi yang dapat mengakibatkan lahirnya era dunia baru yang dipenuhi oleh karya-karya hasil dari teknologi itu sendiri. Ilmu pengetahuan sebagai sarana pengembangan peradaban budaya umat manusia telah menjadi alat yang digunakan sebagai penentuannya maju dan modernnya teknologi dimuka bumi ini.

            Dari berbagai macam teknologi yang semakin dewasa ini, tampaknya komputerlah yang lebih dominan digunakan dalam membantu proses kegiatan, baik itu secara individu maupun berkelompok. Penerapan system komputerisasi diberbagai bidang telah banyak berperan dalam membantu mengatasi dan memecahkan banyak permasalahan yang tengah dihadapi dunia masa kini.

Komputer merupakan suatu media yang dapat membantu kinerja kita dalam suatu kegiatan. Dengan adanya media ini, banyak keuntungan yang kita dapat, baik sebagai media untuk bertukar informasi maupun untuk mengakses data yang kita perlukan. Dengan adanya media ini maka kefatalan yang biasanya terjadi dapat kita minimalkan. Selain itu media ini menyediakan aplikasi-aplikasi software yang dapat kita pergunakan dalam suatu pekerjaan.
Banyak perusahan-perusahan pemerintah maupun swasta yang dalam melakukan pekerjaannya masih melakukan secara manual dan belum terkomputerisasi, dan itu dapat menghambat sehingga kurang efisien dan efektif dalam melakukan pekerja.
PT.Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing merupakan salah satu cabang perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang asuransi tenaga kerja dimana sudah menggunakan system komputerisasi secara online, tetapi system pengolahan data kepesertaan tenagan kerja sebagian masih menggunakan system secara manual seperti daftar peserta masuk, daftar peserta keluar, perubahan gaji dan perubahan status.
Saat ini PT.Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing sebagai kantor cabang kelas III mempunyai keterbatasan personil dengan jumlah personil untuk pengolahan data peserta sebanyak 2 (Dua) orang dan melayani sekitar 700 perusahaan serta sekitar 20.000 tenaga kerja aktif Hal tersebut jelas dapat memperlambat kinerja data administrator pada PT.Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing dan berimbas kepada terhambatnya pelayanan PT.Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing kepada peserta.

2.    PERUMUSAN MASALAH

Sesuai dengan latar belakang masalah yang dinyatakan diatas maka rumusan masalah yang dinyatakan adalah sebagai berikut :
ü  Bagimanakah solusi pemecahan masalah-masalah terhadap kendala-kendala yang ada tersebut dengan perancangan system informasi ?
ü  Bagaimana membangun aplikasi sesuai yang diharapkan agar dapat membantu  menyelesaikan permasalahan yang ada ?
ü  Bagaimana system berjalan efektif dan efisien dalam melakukan pengolahan data peserta ?
ü  Apakah terdapat kendala pada system berjalan tersebut dan bagaimana solusi pemecahan masalahnya ?



3.    BATASAN MASALAH

Perancangan system aplikasi bantu pengolahan data kepesertaan sesuai format untuk data :
·                     Daftar kepesertaan baru
·                     Daftar kepesertaan keluar
·                     Daftar perubahan gaji peserta
·                     Daftar status peserta (Lajang/Berkeluarga)
Sehingga data dapat terhubung atau terupload pada aplikasi sipt online PT. Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing.

4.    TUJUAN PENELITIAN

Penelitian bertujuan untuk membuat suatu desain dan perancangan system aplikasi bantu pengolahan data dengan benar agar aplikasi yang dihasilkan dapat berjalan maksimal dan sesuai dengan apa yang diharapkan.



5.    MANFAAT PENELITIAN

Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai langkah awal untuk membuat suatu desain dan perancangan system aplikasi bantu pengolahan data, yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam data administrator PT.Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing dalam pengolahan data. Program aplikasi yang dibuat di tujukan untuk perusahaan peserta PT.Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing agar data input kepersertaan sesuai format dan dapat terupload pada SIPT online PT.Jamsostek (Persero) sehingga meringankan beban kerja data administrator dan dapat dijadikan bahan untuk penelitian lebih lanjut dibidang yang berkaitan pada PT.Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing.

Dengan penyesuaian tertentu, aplikasi yang digunakan mungkin dapat juga dimanfaatkan untuk system pengolahan data secara umum yang tidak hanya terbatas pada kantor PT. Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing, misalnya pengolahan data pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang lainnya dan mungkin bisa digunakan pada instansi atau perusahaan yang membutuhkan pengolahan data seperti tersebut di atas.

Dari hasil penelitian ini juga diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap system aplikasi yang digunakan.


6.    METODE PENELITIAN

Metodelogi penelitian adalah suatu usaha untuk mengemukakan, mengembangkan dan menguji suatu pengetahuan dimana suatu usaha itu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang cukup bermutu dan dapat dipertanggung jawabkan.

Dalam rangka menyelesaikan rencana pembangunan software aplikasi bantu pengolahan data ini maka kami telah melakukan penelitian berdasarkan metode yang dijalankan secara bertahap dan terencana. Adapun metode-metode penelitian yang digunakan sebagai berikut :

A.   Studi Lapangan

Studi lapangan dilakukan dengan cara observasi dan wawancara langsung kepada mereka yang ada hubungannya dengan pendataan peserta pada PT.Jamsostek (Persero), yaitu data administrator perusahaan peserta dan data administrator PT.Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing, dengan maksud untuk memperoleh data-data yang akurat dan terpercaya yang diperlukan sebagai bahan penulisan dan pengkomputerisasian system yang berjalan.

B.   Studi Pustaka

Studi pustaka dilakukan dengan cara mencari dan mengumpulakan data-data, teori-teori dan informasi yang diperlukan dari buku-buku yang ada hubungannya dengan permasalahan yang ada.


7 . SISTEMATIKA PENULISAN

Sistematika penulisan dalam pembuatan tugas akhir ini diuraikan lima bab yaitu bab pertama pendahuluan, bab kedua landasan teori, bab ketiga analisa sistem berjalan, bab keempat rancangan dan implementasi, bab kelima kesimpulan dan saran.

v  Bab I Pendahuluan  
pada  bab  ini  penulis  menjelaskan tentang latar belakang masalah secara umum, ruang lingkup, maksud dan tujuan, metode penelitian dan sistematika penulisan.


v  Bab II Landasan Teori
Bab Landasan Teori merupakan tinjauan pustaka, menguraikan teori-teori yang mendukung judul, dan mendasari pembahasan secara detail. Landasan teori dapat berupa definisi-definisi atau model yang langsung berkaitan dengan ilmu atau masalah yang diteliti

v  Bab III  Analisis dan Perancangan Sistem
Bab ini berisi antara lain: Tinjauan Umum yang menguraikan tentang gambaran umum objek penelitian, gambaran umum perusahaan (struktur organisasi, jabaran tugas dan wewenang), serta data yang dipergunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, berkaitan dengan kegiatan penelitian.

v  Bab IV  Implementasi dan Pembahasan
Bab ini merupakan paparan implementasi dan analisis hasil uji coba program. Bab IV ini akan memaparkan hasil-hasil dari tahapan penelitian, dari tahap analisis, desain, implementasi desain, hasil testing dan implementasinya, berupa penjelasan.

v  Bab V Kesimpulan dan saran
bab ini merupakan bab terakhir yang berisi mengenai kesimpulan saran-saran, yang dirumuskan atas dasar hasil analisis data penulis. Pada PT.Jamsostek (Persero) Cabang Cilincing.




8.    JADWAL PENELITIAN

No
Kegiatan
Maret
April
Mei
Minggu
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Studi Kepustakaan












2
Pengumpulan Data












3
Pembuatan System/Program












4
Pengujian System












5
Penulisan Laporan Akhir






























9.    DAFTAR PUSTAKA

§  Sutarman.2009.
Pengantar Teknologi Informasi
Penerbit PT. Bumi Aksara Jakarta
§  Uus Rusmawan 2011
Koleksi program VB.NET Untuk Tugas Akhir dan Skripsi
Penerbit PT Elek Media Komputindo
§  Andi protikno & Richardo Putra Waluyo
Super Access 2011
Penerbit PT Elek Media Komputindo
§  Muhammad sadeli
Visual Basic.net 2008
Penerbit Maxicom
§  Junindar
Panduan Lengkap Menjadi Programmer
Penerbit Mediakita
§  Anonim. 2008.
Petunjuk Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi.
Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
§  http://www.jamsostek.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar